Unsrat Dukung Penyelamatan Lingkungan Gorontalo

LIMBOTO  – Fakultas Pertanian Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado memberi dukungan terhadap program Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo dalam penyelamatan lingkungan. Dekan Fakultas Pertanian Unsrat, Yance Peleyalo, mengatakan, melihat danau Limboto dari atas kondisinya kini memiriskan. “Sudah sangat kritis, maka perlu digalakkan penanaman. Sehingganya langkah Pak Bupati sudah sangat tepat untuk mengantisipasi terancamnya keselamatan danau”, ujar Yance mengawali penanaman pohon pelindung di lokasi Limboto Techno Science Park, di areal pekan penghijauan XXXII Bongohulawa Kecamatan Limboto, Jumat (29/4).

Dukungan Faklutas Pertanian Unsrat Manado itu setidaknya dapat mendorong gairah masyarakat Kabupaten Gorontalo untuk menjaga kekayaan alam yang dimiliki. Parahnya, ditengah ancaman kepunahan aset yang merupakan land_mark itu, belum terlihat dukungan serius dari masyarakat dalam mencegah pembalakan pohon-pohon pelindung oleh oknum-oknum tertentu sehingga menyebabkan erosi ang berakibat pada pendangkalan danau Limboto.

Dalam reuni akbar dies natalies ke – 57 Fakultas Unsrat yang dipusatkan di Limboto itu, terungkap Pemda Kabupaten Gorontalo tengah mengupayakan lokasi Limboto Techno Science Park sebagai penyanggah paru-paru kota. Lokasi PPN ke 32 tersebut akan ditanami beragam tanaman keras sebagai penyerap air sehingga mengurangi erosi. “Lokasi ini mencapai 90 hektar yang kita upayakan menjadi kawasan techno science park, sasaranya, kawasan ini bisa menjadi labiratorium alam di Gorontalo”, ungkap Bupati Nelson.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Gorontalo, Muljady D. Mario, mewakili Penjagub Gorontalo nampak mengapresiasi reuni akbar Fakultas Pertanian Unsrat Manado di Gorontalo. Dijelaskan, sektor pertanian menjadi sektor unggulan yang memberikan hasil membanggakan dengan produksi mengalami peningkatan setiap tahun, utamanya padi dan jagung. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *